Rabu, 22 Mei 2013

Pemberdayaan



1 . Budidaya Domba
Gapoktan Silih Asih   melaksanakan kegiatan pemberdayaan terhadap  anggota nya,  melalui program budidaya Domba yang dilaksanakan secara bertahap ,dengan tujuan  memberikan manfaat dan nilai tambah untuk Anggotanganya,  dan mudah-mudahan Anggota itu  bisa berdiri sendiri dan mandiri, sesuai dengan  cita-cita pengurus gapoktan silih Asih “Ingin tersenyum bersama dengan Petani” bisa terwujud .
Sampai dengan saat ini  gapoktan Silih Asih telah menyalurkan  pinjaman melalui Koperasi Lisung Kiwari untuk ternak domba sebanyak 150 ekor tesebar di 35 anggota

2. Budidaya padi sehat
bududaya padi sebagai mata pencaharian utama dilingkunagan gapoktan oleh sebab itu  ,Pengurus  gapoktan silih asih memberikan dana pinjaman melalui Koperasi Kelompok Tani Lisung Kiwari sebagai pengelola keunagan Gapoktan yaitu dengan program Yarnen (Bayar panen)  dimana program ini memberikan kemudahan kepada petani untuk menggarap lahan sawahnya  dari mulai pengolahan lahan,keperluan  benih ,keperluan saprodi sampai dengan biaya pasca panen   semua ditanggung oleh Gapktan silih asih yang bertujuan memberikan ketenangan kepada petani untuk menggarap lahan sawahnya tanpa memikirkan biaya yang penting petani ada kemauan untuk berusaha tani,dan mudah mudahan dengan program ini petani bisa berkreasi dan  meningkatkan produksinya,dan pada ahirnya program P2BN (peningkatan Produksi Gabah Nasional) yang dicanagkan oleh pemerintah bisa tercapai. Amin.  sampai dengan saat ini petani Anggota Gapoktan yang memanfaatkan program ini kurang lebih 200 orang petani dan mudah-mudahan program ini bisa dipertahankan dan bisa dikembangkan dan pada ahirnya nanti banyak petani yang bisa memanfaatkannya.



Cerita singkat  manfaat Program Gemar Paket A
Budidaya Domba
Nama saya Sidik, saya tinggal di desa pasir jaya kampung  sela awi kecamatan Cigombong kabupaten Bogor   ,saya bergabung dengan Kelompok Tani Saluyu  yang tergabung dengan  Gapoktan Silih asih dan masuk Keanggotaan KKT lisung Kiwari  kurang lebih tahun 2010, dan saya   mendapatkan program budidaya Domba sebanyak satu paket terdiri dari 4 (empat) ekor betina dan 1 (satu) ekor jantan dengan jangka waktu pengembalian selama 2 tahun  , dari 4 ekor induk yang saya pelihara selama 2 tahun alhamdulilah bisa menjadi 20 ekor, kemudian untuk membayara kewajiban saya   ke koperasi/Gapoktan Silih Asih , saya hanya menjual 4 ekor saja dan sisanya sebanyak 12 ekor saya jual untuk keperluan keluarga, dan alhamdulilah hasil dari penjualan tersebut saya bisa memperbaiki dapur walaupun belum selesai ,bisa membeli buku anak sekolah dan sisanya buat keperluan saya sehari-hari. dan masih menyisakan  4 ekor di kandang untuk  saya pelihara.
saya sangat berterimakasih sekali kepada pengurus Gapoktan Silih Asih  dan Koperasi Lisung Kiwari, dan tidak lupa kepada Tim Teknis kabupaten Bogor  dan Propinsi Jawa Barat, yang telah memberikan program gemar ini kepada saya ,dan saya bisa merasakan manfaat dari program Gemar Paket A  ini ,  setidaknya, yang tadinya saya tidak mempunyai domba ,sekarang sudah punya domba 4 ekor ,dan saya merasa senang dan bangga sekali.

1 komentar:

  1. Kami ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan KI ANGEN JALLO dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya saya coba untuk menhubungi KI ANGEN JALLO dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan KI ANGEN JALLO meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan KI ANGEN JALLO kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik KI ANGEN JALLO sekali lagi makasih yaa KI dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja KI ANGEN JALLO DI 0 8 5-2 8 3-7 9 0-4 4 4 insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW






    Kami ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan KI ANGEN JALLO dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya saya coba untuk menhubungi KI ANGEN JALLO dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan KI ANGEN JALLO meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan KI ANGEN JALLO kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik KI ANGEN JALLO sekali lagi makasih yaa KI dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja KI ANGEN JALLO DI 0 8 5-2 8 3-7 9 0-4 4 4 insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW

    BalasHapus